I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

ARPANET (Advanced Research Project Agency Network)

foto berita artikel ARPANET merupakan sebuah jaringan yang pertama kali dikembangkangkan oleh Advanced Research Project Agency dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat saat puncak perang dingin tahun 1969.ARPANET merupakan jaringan yang menjadi cikal bakal terciptanya Internet di masa kini. Pada saat itu pemerintah ingin membangun suatu komando dan pengendalian jaringan untuk bertahan dari perang nuklir. Sementara jaringan telepon circuit switched tradisional dianggap sudah tidak aman lagi. Saat itu ARPANET dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan komputer-komputer yang letaknya berjauhan agar tetap dapat bertukar data-data. Sebenarnya ARPA tidak memiliki ahli-ahli ilmu pengetahuan ataupun laboratorium, namun ARPA tetap menjalankan tugasnya dengan jalan melakukan kontrak kerja dengan universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan yang potensial dalam pengembangan operasionalnya. Pada periode tahun 1980-an, ARPA berkembang dengan sangat pesat dengan memiliki 200 IMP dan ratusan host yang stabil. Tepatnya pada tahun 1983, ARPANET diserahkan kepada Defense Communication Strategy (DCA), untuk selanjutnya dibagi menjadi dua, dipisahkan antara jaringan bagian dari militer dan yang bukan militer. Saat itu jaringan-jaringan semakin banyak yang bergabung dengan ARPANET. Dengan semakin bertambah luasnya jaringan, maka host-pun semakin mahal, sehingga dibentuklah DNS (Domain Name System) untuk mengorganisasikan mesin ke dalam domain-domain tertentu dan mengelompokkan nama host ke dalam alamat-alamat IP.

Sekitar tahun 1990 perkembangan ARPANET mulai tersusul oleh jaringan-jaringan lain yang sebenarnya juga terbentuk dari ARPANET. Setelah itu ARPANET menghentikan operasinya dan dibongkar. Walaupun begitu ARPANET tetap merupakan sebuah catatan sejarah dari terbentuknya jaringan raksasa global bernama Internet.(dna)

Sumber : http://www.beritanet.com/Literature/arpanet_internet.html

Posting Komentar

0 Komentar