I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Sebelum tidur, lakukanlah.

“Wahai Fathimah, Janganlah engkau tidur sebelum engkau lakukan 4 hal, mengkhatam Al-Quran, memperoleh syafaat dari para nabi, membuat hati kaum mukminin dan mukminat senang dan rida kepadamu, serta melakukan haji dan umrah ( Tafsir Haqqi )

Rasulullah berpesan kepada Fathimah R.A :“Ya Fathimah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :
1. Sebelum khatam Al Qur’an,
2. Sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir,
3. Sebelum para muslim meridloi kamu,
4. Sebelum kaulaksanakan haji dan umroh….(tafsir haqqi)
Bertanya Fathimah :”Ya Rasulullah…. Bagaimana aku dapat melaksanakan 4 perkara seketika?”

Rasul tersenyum dan bersabda :

“Jika engkau tidur bacalah : Al-Ikhlas tiga kali seakan-akan kamu mengkhatamkan Al Qur’an.

Membacalah sholawat untuk-ku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat di hari kiamat.

Beristighfarlah untuk para muslimin maka mereka akan meridhoi kamu. Dan perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umroh”

Dan Dialah yang menidurkan kamu pada malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari. Kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk di sempurnakan umurmu yang telah di tetapkan. Kemudian kepada-Nya tempat kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan
( Q.S Al An’am 60)

Apabila kamu hendak tidur, berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan!” (Muttafaq ‘alaihi)

Do’a dan amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. ketika akan tidur adalah :

1. Berwudhu sebelum tidur.

Al-Barra’ bin Azib berkara, “Rasulullah bersabda kepadaku, “ Apabila kamu mau tidur berwudhu’lah sebagaimana wudhumu ketika hendak shalat, kemudian berbaringlah diatas bagian tubuh yang kanan, lalu bacalah: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu. Aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu karena berharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.” Lalu Nabi bersabda, “Apabila kamu mati pada malam itu, maka kamu mati dalam fitrah (lslam). Dan jadikanlah dzikir itu sebagai yang terakhir kamu ucapkan.”
(HR. Bukhari no. 247, Muslim no. 2710, Abu Daud no. 5045 dan at-Tirmidzi no. 3394)

2. Setelah itu membaca ayat kursi 1 kali
Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya ketika mau tidur, maka ia senantiasa dijaga Allah dan syaitan tidak akan mendekatinya sampai subuh.”
(HR. Bukhari).

3. Menghimpun dua telapak tangan seraya membaca surat Al-lkhlas, Al-Falaq dan An-Nas, lalu meniupkannya. Kemudian diusapkan ke seluluh tubuh, mulai dari kepala, muka, badan bagian depan dan diulang seperti itu tiga kali.
(HR. Bukhari dan Muslim).

4. Membaca do’a tidur.
“Dengan Nama-Mu ya Allah aku mati dan aku hidup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

----------

Jika Anda mengalami mimpi-mimpi buruk, maka lakukanlah hal-hal berikut :

1. Pertama, meludah (simbolis) ke kiri (tiga kali).

2. Kedua, mohon perlindungan kepada Allah SWT. dari godaan syaitan dan dari keburukan mimpi (tiga kali).

3. Ketiga, menggeser posisi tubuh seraya membaca :
“Tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Rabb yang menguasai langit dan bumi serta apa yang di ada di antara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.”
(HR. ,Hakim dan dishahihkan adz-Dzahabi).

4. Keempat. apabila telah melakukan tiga hal di atas, tapi mimpi buruknya masih bersambung, maka berwudhulah dan shalat dua rakaat.

5. Kelima, tidak menceritakan mimpinya kepada orang lain.


dari berbagai sumber yang disatukan....0(^_^)0

Posting Komentar

0 Komentar