I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

7 Kalimat Mulia Pribadi Muslim


7 Kalimat Mulia Pribadi Muslim


1. Mengucapkan " Bismillah " pada tiap-tiap hendak melakukan sesuatu.

Dalam Sebuah hadist dikatakan " Setiap pekerjaan penting yang tidak dibuka dengan Bismillahirrahmanirrahim akan terpotong ". ( Abu Daud dan Ibnu Majah). Makdudnya, pekerjaan yang dilakukan tidak bernilai pahala.

2. Mengucapkan " Alhamdulillah " setiap kali selesai melakukan sesuatu.

Hamdalah merupakan ucapan syukur. Bersyukur atas segala nikmat. bersyukur atas kemampuan dan kesanggupan masih dapat melakukan aktivitas. Firman Allah " Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. (QS. Ibrahim : 7)

3. Mengucapkan " Astaghfirullah " jika lidah terselip perkataan dan perbuatan yang tidak baik. Rasulullah Saw bersabda: " Tidak ada seseorang yang berbuat dosa, kemudian ia bangun dan bersuci serta memperbaiki bersucinya, kemudian ia beristighfar kepada Allah SWT, kecuali Allah SWT pasti akan mengampuninya. (HR. Ahmad)

4. Mengucapkan " Insya Allah " jika merencanakan berbuat sesuatu di hari esok. Allah berfirman " Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu, " Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi kecuali dengan menyebut Insya Allah . Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah, mudah-mudahan tuhanku akan memberikan ku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenaranya dari pada ini (QS. Al. Khafi : 23-24). Kata Insya Allah yang diucapkan seorang muslim menunjukkan kesungguhanya untuk melaksanakan sesuatu/janji dengan didasarkan keimanan kepada Allah SWT. Ia yakin bahwa Allah selalu menyertai hambanya, selain itu kata Insya Allah merupakan ekspresi kerendahan hati ( Tawadhu).

5. Mengucapkan " Laa haula wala quwwata illa billah " jika menghadapi sesuatu yang tidak disukai dan tidak diingini. " Nabi Muhammad Saw berkata : ' Wahai Abu Musa maukah aku tunjukkan pembendaharaan kalimat surga?'. Abu Musa menjawab "Ya". Lalu Rasulullah berkata: kalimat itu adalah " Laa haula wala quwwata illa billah ". (HR. Ibnu Hibban dan Ahmad)

6. Mangucapkan " Inna lillahi wa inna lillahi roji'un " jika menghadapi dan menerima musibah. " Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu, orang-orang yang apabila ditimpa musiba, mereka mengucapkan " Inna lilahi wa inna lillahi roji'un " (QS. Al-Baqarah: 155).

7. Mengucapkan " Laa ilaha illallah Muhammaddarrasulullah " sepanjang siang dan malam sehingga tak pernah lepas dari lidahnya. Kalimat ini, kalimat mulia bentuk pengakuan dan pengagungan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw sebagai rasul Allah. " Barangsiapa yang mengucapkan laailaha illallah, maka ia telah masuk islam serta tepelihara jiwa dan hartanya. Kalimat Laailaha illallah merupakan kalimat yang memberatkan timbangan di ahkirat kelak. (Al-Hadist).

Posting Komentar

0 Komentar