I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

MENGAPA HARUS MARAH



MENGAPA HARUS MARAH


Pada suatu pagi hari raya Idulfitri, usai mandi dan mengenakan bajunya yang bersih, Syaikh Abu Yazid Al-Busthami berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat Ied. Beliau berjalan melewati sebuah rumah bertingkat, dan pada saat melewati rumah itu Abu Yazid merasa ada sesuatu yang menimpa baju dan mengotori sorban beliau. Setelah diteliti, ternyata kotoran yang menempel baju dan sorbannya adalah abu rokok yang cukup banyak bercampur dengan puntung-puntung rokok.

Sejenak Abu Yazid memandang ke bagian atas rumah yang bertingkat itu, tapi bukannya ia marah mendapat perlakua semacam itu, malah sebaliknya Syaikh Abu Yazid berkata pada dirinya: “Wahai Abu Yazid, engkau tak pantas marah dengan sedikit abu yang mengotori pakaianmu; sebab engkau adalah orang yang pantas masuk neraka.”

Setelah mengucapkan itu Abu Yazid lalu membersihkan abu dan puntung rokok yamg menempel di baju dan sorbannya, dan kemudian meneruskan langkahnya menuju masjid. Wallahua’lam.

(dinukil dan diedit dari Kisah-kisah sufistik)

Jakarta, 4 Syawal 1433 H / 22 Agustus 2012.
KH.BACHTIAR AHMAD

Posting Komentar

0 Komentar