I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Museum Purbakala Pleret Bantul

Museum Purbakala Pleret Bantul

Museum purbakala pleret berada di Jl Raya Pleret atau lebih tepatnya bertempat di Dusun kedaton kecamatan Pleret Kabupaten bantul Yogyakarta. museum ini banyak menyimpan benda cagar budaya yang ditemukan di sekitar bantul. Museum yang bentuknya tidak begitu besar tapi museum Purbakala Pleret ini memiliki banyak menyimpan peninggalan benda benda sejarahnya , ada sekitar 50an benda cagar budaya. dari arca, stupa,serta benda benda peninggalan yang lainnya.
keberadaan museum yang memang tidak begitu terkenal di banding dengan museum-museum yang ada di Yogyakarta,serta masing jarang orang yang tahu akan keberadaan museum Purbakala tersebut.
Benda yang berada di area museum Purbakala pleret ada yang berasal dari candi gampingan dan juga situs payak bahkan juga ada beberapa yang merupakan pinjaman dari BP3 Yogyakarta.yang sangat menarik dari keberadaan museum purbakala pleret ini adalah adanya sebuah sumur berwarna merah muda yang oleh warga di sekitar museum menyebutnya dengan sumur gumuling,bagi masyarakat sekitar ada sebuah kepercayaan bila menggunakan air tersebut bisa cepat dapat jodoh.
Rute Museum Purbakala Pleret:
Rute untuk menuju Museum Purbakala Pleret:dari terminal Giwangan Yogyakarta keselatan kira kira 3 Km,sampai perempatan desa Wonokromo belok ke timur/kiri..langsung menuju Museum Purbakala Pleret,dengan jarak kira -kira 1,5 Km.Wisata Indonesia Surga Dunia.

Posting Komentar

0 Komentar