I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Paket Religi - 11 Masjid Termahal di Indonesia

Paket Religi - 11 Masjid Terindah di Indonesia Yang Megahnya Sangat Luar Biasa

Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, tentunya wajar jika di Indonesia banyak sekali tempat ibadah umat muslim, mulai dari yang kecil seperti Mushola (Surau) hingga yang besar seperti Masjid.

Ada beberapa masjid di Indonesia yang dibangun dengan gaya arsitektur yang sangat indah dan megah, ada juga masjid di Indonesia yang merefleksikan beberapa kebudayaan seperti budaya China, India, dan Arab.

Tapi sayang kemegahan masjid-masjid di Indonesia ini tidak diikuti dengan peningkatan jamaahnya, kecuali di bulan Ramadhan, dimana masjid-masjid di Indonesia selalu penuh dengan para jamaah. Lantas, dimana saja masjid terindah di Indonesia tersebut? berikut ulasannya

1. Masjid Dian Al-Mahri di Depok
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Dian Al-Mahri di Depok via wikimedia.org

Masjid Dian Al-Mahri atau sering juga disebut dengan Masjid Kubah Emas ini sangat layak dimasukan ke salah satu daftar masjid terindah di Indonesia, sebab masjid yang berada di Depok ini bisa membuat siapapun takjub dengan kubahnya yang dilapisi emas.

Kubah berlapis emas tersebut terdiri dari satu kubah utama dan empat kubah kecil, sedangkan di dalamnya tergantung lampu kristal dengan berat 8 ton yang didatangkan langsung dari Italia, dan ada beberapa relief di dalamnya juga dilapisi emas.

Secara umum, masjid yang berdiri diatas tanah seluas 50 hektar ini menganut gaya arsitektur masjid-masjid di timur tengah. Masjid yang bisa menampung sekitar 20.000 jemaah ini mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 31 Desember 2006 silam.

2. Masjid Al-Akbar di Surabaya
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Al-Akbar di Surabaya via wikimedia.org

Masjid terindah di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Al-Akbar yang berada di Surabaya. Masjid yang berdiri pada tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan walikota ini merupakan masjid terbesar ketiga di Indonesia.

Keunikan dari masjid yang diresmikan oleh mantan presiden KH Abdurrahman Wahid pada tanggal 10 November 2000 silam ini terletak pada desain arsitektur yang unik tapi modern seperti pada kubahnya seperti daun berwarna biru hijau.

Masjid ini juga memiliki dua lantai dengan lift dan menara dengan tinggi 99 meter. Dari menara ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan tiga kota sekaligus yaitu kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan.

Pintu masuknya ada 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati. Selain itu, di masjid ini juga ada ornamen kaligrafi dengan panjang 180 meter dan lebar 1 meter. Masjid ini berlokasi di jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

3. Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru via wikipedia.org

Saking indahnya masjid yang berada di Pekanbaru ini, sampai banyak orang menjulukinya ” Taj Mahal Riau “. Masjid ini dirancang oleh Ir Suseno, mulai dibangun pada tahun 1963, dan baru selesai pada tahun 1968.

Pada tahun 2000, masjid ini direnovasi, dimana luas awalnya yang semula hanya 4 hektar, kini menjadi 12,6 hektar. Selain itu, masjid ini juga memiliki 3 lantai dengan 3 buah tangga, dimana bagian bawah terdapat 4 buah pintu, sedangkan bagian atas ada 13 buah pintu.

Di dalam masjid ada kaligrafi karya Azhari Nur dari Jakarta. Selain itu, Masjid Agung An-Nur juga dilengkapi dengan fasilitas pendidikan playgroup seperti sekolah, perpustakaa, aula, ruang pertemuan, hingga kantor.

4. Masjid Islamic Centre di Samarinda
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Islamic Centre di Samarinda via wikimedia.org

Kabarnya masjid yang berlokasi di kelurahan Telok Lerong Ulu di kota Samarinda, Kalimantan Timur ini adalah masjid terbesar kedua se Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal yang ada di ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta.

Luas bangunan utama Masjid Islamic Centre Samarinda sekitar 43.500 meter persegi, memiliki 7 menara dengan menara utamanya setinggi 99 meter, dan dinding luar menara tersebut dikelilingi dengan lafadz Asmaul Husna.

Katanya, menara di Masjid Islamic Centre Samarinda ini terinspirasi dari menara Masjid Nabawi di Madinah, sedangkan kubahnya terinspirasi dari kubah Masjid Haghia Sophia di Istanbul. Dua menara di pintu gerbang dijuluki ” menara kembar satu dan dua “.

5. Masjid Istiqlal di Jakarta
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Istiqlal di Jakarta via wikimedia.org

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara sekaligus salah satu masjid terindah di Indonesia. Pembangunan masjid ini digagas oleh presiden pertama Indonesia Ir Soekarno yang mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1951.

Uniknya, masjid ini diarsiteki oleh seorang Kristiani yaitu Frederich Silaban dan tidak jauh disebelahnya berdiri juga Gereja Katedral Jakarta.

Gaya bangunannya menganut arsitektur modern dengan lantai dan dinding berlapiskan marmer yang dihiasi ornamen geometrik. Sedangkan kubah utamanya berdiameter 45 meter dengan ditopang 12 tiang besar, dan menara tunggalnya memiliki tinggi sekitar 96,99 meter.

Masjid Istiqlal ini berlokasi di timur laut Lapangan Medan Merdeka yaitu tempat berdirinya Monas. Katanya, masjid seluas 7 hektar ini bisa menampung 200.000 jemaah.

6. Masjid Raya Baiturrahman di Aceh
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman di Aceh via wikipedia.org

Masjid terindah di Indonesia berikutnya yaitu Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. Masjid ini adalah salah satu situs bersejarah yang masih bertahan sampai saat ini, karena masjid ini dibangun pada masa Kesultanan Aceh yaitu tahun 1612.

Pada masa penjajahan, masjid ini pernah dibakar oleh Belanda pada tahun 1873, sampai menimbulkan perlawanan dari masyarakat Aceh terhadap Belanda. Tapi masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879 – 1881 atas perintah Jenderal Van Der Heijden.

Sedangkan gaya bangunan masjid ini menganut gaya Moghul (India). Selain itu, masjid ini juga beberapa kali mengalami perluasan yaitu pada tahun 1936, tahun 1958 – 1965, tahun 1992, dan direnovasi kembali pada tahun 2008.


7. Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang via wikipedia.org

Selanjutnya adalah Masjid Agung di Semarang, Jawa Tengah. Masjid yang berada di jalan Gajah Raja, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari ini mulai dibangun pada bulan Semptember 2002 dan resmi dibuka untuk umum pada bulan November 2006.

Gaya arsitektur masjid yang dibangun diatas lahan seluas 10 hektar ini adalah perpaduan gaya bangunan Jawa dan Yunani. Gaya bangunan Yunani diwakili 25 pilar dengan warna ungu di plaza utamanya, sedangkan gaya bangunan Jawa tergambarkan dari desain tanjung di bawah pilar utama-nya.

Selain itu, di Masjid Agung ini juga ada enam payung raksasa hidrolik yang sangat megah, dimana payung-payung ini bisa membuka dan menutup secara otomatis.

8. Masjid Al-Irsyad di Bandung
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Al-Irsyad di Bandung via wikipedia.org

Kalau masjid terindah di Indonesia yang berada di Bandung ini sedikit berbeda dengan masjid-masjid di Indonesia pada umumnya, khususnya dari segi bentuk bangunannya. Dimana bentuk bangunan mirip seperti kubus besar dengan warna abu-abu.

Penataan batu bata di dinding masjid yang baru selesai dibangun pada tahun 2010 ini sangat mengagumkan, dimana batu bata tersebut disusun dengan rapi berbentuk celah-celah di antara batu bata solid.

Sedangkan di dalam masjid ada 99 lampu dengan bentuk kotak yang bertulisan nama ALLAH. Selain itu, masjid yang merupakan rancangaan Ridwan Kamil ini sudah pernah menyabet penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2010.

9. Masjid Agung Sumenep di Madura
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Agung Sumenep di Madura via pixabay.com

Masjid Agung Semenep di Madura atau lebih dikenal dengan nama Masjid Jamik Sumenep ini adalah salah masjid tertua di Indonesia yang mulai dibangun pada masa panembahan Somala pada tahun 1779 masehi.

Gaya arsitektur masjid yang diarsiteki oleh Lauw Piango ini adalah perpaduan antara kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Masjid ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 50 meter yang berada di barat masjid ini.

Di depan halaman masjid terdapat pohon sawo dan pohon tanjung yang mempunyai makna agar jangan pernah meninggalkan sholat lima waktu. Sedangkan di samping pintu depan masjid ada jam besar duduk bermerk Jonghans.

10. Masjid Agung di Tuban
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Agung di Tuban via republika.co.id

Masjid terindah di Indonesia selanjutnya ada di Jawa Timur yaitu Masjid Agung di Tuban. Masjid yang berada di kelurahan Kutarejo, kecamatan Tuban, kabupaten Tuban ini mulai dibangun pada tahun 1894.

Masjid yang dulunya bernama Masjid Jami ini mempunyai konsep bangunan yang cukup unik, dimana ornamen-ornamen di masjid ini sangat menarik dengan warna biru dan hijau lengkap dengan kubahnya yang besar.

Masjid ini akan lebih indah kalau dilihat di malam hari, dimana warna-warni dari masjid ini semakin menunjukan pesonanya. Selain itu, tidak jauh dari masjid ini ada museum kembang putih yang menyimpan beraneka benda bersejarah seperi kitab Al-Quran kuno.

11. Masjid Rahmatan Lil-Alamin di Indramayu
Masjid Terindah di Indonesia
Masjid Rahmatan Lil-Alamin di Indramayu via kompasiana.com

Masjid terindah di Indonesia yang terakhir yaitu Masjid Rahmatan Lil-Alamin di Indramayu, dimana konsep Rahmatan Lil Alamin tercermin dari bentuk delapan penjuru mata angin, mulai bentuk bangunan masjid dan jumlah kubah kecil yang mengelilingi kubah utamanya.

Uniknya, dilihat dari sudut manapun, baik dari utara, selatan, barat, maupun di timur, kita tidak tahu mana bagian depan atau bagian belakang dari masjid ini, karena bentuk bangunan ini sangat mirip di setiap sisinya.

Nah, itulah beberapa masjid terindah di Indonesia. Sebenarnya masih banyak masjid di Indonesia yang memiliki konsep unik dan arsitektur yang indah, tapi karena keterbatasan informasi cukup itu dulu. Nanti kalau ada waktu saya akan tambahkan lagi.

Sumber,


Call Center Sang Pemimpi dan Pemandu Wisata eXploreJogja Xplore Indonesia
085.643.455.685 (WhatApp / Call / SMS)
D72E559E / 7A722B86

WisataGunung WisataAdventure WisataReligi WisataPendidikan WisataSelfie
#porter #guide #portergunung #guidegunung #asosiasipendaki #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu 

#tippendakipemula #bookingonlinesemeru #bookingonlineparango #murahmeriah

Posting Komentar

0 Komentar