Porter Lawu, Rekomendasi 3 Gunung untuk Pendaki Pemula - Porter Gunung se Indonesia

Breaking

Senin, 12 Oktober 2020

Porter Lawu, Rekomendasi 3 Gunung untuk Pendaki Pemula

Porter Lawu, Cemoro Sewu, Candi Cetho, Cemoro Kandang

Porter Lawu, Rekomendasi 3 Gunung untuk Pendaki Pemula

kiki aryo k - DetikTraveler


Berikut ini adalah tiga gunung untuk pendaki pemula. Kamu siap mendakinya?

Nah bersiap-siap untuk menyambut new normal dan melepaskan penat, kita perlu berwisata agar pikiran kembali segar. Ngomongin soal wisata, dari Sabang sampai Merauke kita punya banyak sekali gunung yang indah.

Jika disuruh menentukan gunung mana yang memiliki pemandangan paling indah niscaya semua orang akan kesulitan. Namun, kita akan coba memberimu gambaran 3 gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Parameternya adalah banyaknya jumlah pendaki yang ingin mendaki ke gunung tersebut serta keunikan-keunikan yang dimiliki oleh gunung bersangkutan. Jika kamu punya pendapat lain, jangan sungkan untuk memberikan opinimu di kolom komentar.

Berikut rekomendasi tiga gunung yang cocok:

1. Gunung Kerenceng

Gunung Kerenceng merupakan sebuah gunung yang terdapat di kabupaten Sumedang, provinsi Jawa Barat. Gunung Kerenceng mencangkup kecamatan Sumedang Selatan, kecamatan Cimanggung, dan kecamatan Pamulihan.

Gunung Kerenceng mempunyai ketinggian 1.736 MDPL dengan ketinggian relatif 1.680 MDPL. Maka dari itu sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Saat perjalanan kita akan disugguhkan sungai Cikarobokan, sungai Cimanggung, sungai Pojok, sungai Ciguling, sungai Cilembu, dan sungai Cijogjog dari ketinggian. Setelah sampai puncaknya kita dapat melihat puncak Pangkusan 1.558 MDPL dan puncak Kareumbi 1.685 MDPL.

2. Gunung Burangrang

Bagi kamu yang suka petualangan tapi masih belum yakin bisa survive di tengah sulitnya kehidupan di hutan, mungkin kamu bisa coba trekking di Burangrang. Dengan ketinggian 2.050 MDPL, gunung yang berada di Cisarua, Bandung utara ini cocok untuk pendaki pemula, secara treknya tidak terlalu sulit untuk ditempuh.

Gunung Burangrang masih satu rangkaian dengan Tangkuban Perahu dan merupakan hasil letusan Gunung Sunda Purba waktu zaman prasejarah. Treknya tergolong mudah, pemandangannya pun indah.

Letaknya di kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai puncak Burangrang, dari pos pendaftaran bisa mencapai 3 hingga 4 jam pendakian.

Cukup cepat bukan? Hal ini dikarenakan treknya memang sungguh ramah bagi pendaki pemula.

Di pos pendaftaran, kamu bakal semangat dengan karena terlihat pemandangan kota Bandung. Kalau jalan sedikit ke balik bukit, maka mata akan dimanjakan dengan pemandangan gunung Tangkuban Perahu, pemandangan indah perkebunan teh serta Situ Lembang yang penuh pesona.

3. Gunung Mongkrang

Gunung Mongkrang yang berada di wilayah Tlogodringo, desa Gondosuli, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Hampir setiap akhir pekan, bukit yang masuk di wilayah pegunungan Lawu itu didatangi ratusan wisatawan.

Posisi gunung Mongkrang terletak di sebelah selatan gunung Lawu, yang memiliki ketinggian 2194 MDPL. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari lahan parkir dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Tak perlu khawatir tersesat, jalurnya sudah cukup jelas dan terbuka. Jalur yang dilalui pun tergolong mudah dibandingkan dengan jalur di gunung lainnya.

Sehingga gunung Mongkrang menjadi rekomendasi tepat untuk melakukan pemanasan fisik bagi para pendaki pemula. Pendaki tidak perlu repot-repot membawa bekal banyak.

Sebab sudah ada tiga warung di setiap posnya yang menyediakan makan dan minuman. Kudapan berupa mie instan, gorengan, serta minuman seperti kopi, teh, dan air mineral jadi mudah didapatkan.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, kiki aryo k, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.

Sumber

  • travel.detik.com/domestic-destination/d-5105394/rekomendasi-3-gunung-untuk-pendaki-pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar