I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Gunung Maras

Gunung Maras, Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia

Gunung yang merupakan satu-satunya gunung yang ada di Pulau Bangka ini menawarkan eksotisme suasana alam: panorama alam yang indah dan menyegarkan. Rimbunan pohon membuat suasana pagi menjadi sangat menyegarkan. Pada siang hari, pengunjung tertlindung dari sengatan panas matahari karena banyaknya lekukan-lekukan gunung dan lebatnya hutan. Ketika malam tiba, keindahan langit dan bintang yang terlihat di sela-sela pepohonan menambah kesyahduan malam. Oleh karena itu, lokasi ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama teman-teman dengan menyalakan api unggun. Oleh karena eksotisme alamnya, lokasi ini juga sangat representatif untuk olahraga lintas alam seperti hiking, camping, dan mendaki gunung.

Gunung Maras, Gunung ini menawarkan kedamaian alam pedesaan yang asri, dengan pesawahan yang maha luas dan pepohonan yang rindang di samping rumah-rumah penduduk. Selain itu, di sekitar Gunung yang memiliki ketinggian 699 m. dari permukaan laut ini ditumbuhi pepohonan liar yang lebat. Di pagi hari, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit di sela-sela pucuk pepohonan. Saat senja, pengunjung bisa menyaksikan matahari beringsut masuk di balik indahnya panorama pertanian. Sedangkan pada malam hari pengunjung akan disuguhi deritan-deritan pepohonan hutan. Agar pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya dengan tenang, disarankan untuk membawa perbekalan makan secukupnya dan alat tidur/tenda sebelum naik gunung, karena tidak ada usaha jasa yang menawarkan fasilitas tersebut kepada pengunjung.

Gunung ini terletak di Desa Rambang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Jarak antara Gunung Maras dengan Kota Sungailiat sekitar 70 km dan dengan Kota Belinyu sekitar 33 Km. Dari Kota Sungailiat menuju ke Gunung Maras, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau mobil pedesaan, tetapi angkutan ini tidak sampai ke lokasi. Oleh karena itu, disarankan agar pengunjung menggunakan kendaraan sendiri atau naik ojek dari Belinyu.

Sumber :
  1. http://wisatasumatera.wordpress.com

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Jarak 70 km taksiran terlalu jauh, Pangkal Pinang - Belinyu 55 Km dan Sungailiat-Belinyu sekitar 25 km, ke desa Rambang belok kiri di simpang tiga Gunung Muda, dan menempuh 10 km untuk sampai ke desa tersebut melewati Lumut, jembatan Krincing, dusun Bernai kemudian Rambang. Naik ke puncak gunung Maras paling jalan kaki 3 km. Jadi hanya sekitar 30-an km

    BalasHapus
  2. Saya pernah menempuh jalan kaki menyusuri kaki gunung Maras dari Dusun Bernai, Riau Silip hingga ketemu dusun Penyamun dan lanjut ke kota Sungai Liat tahun 1993.

    BalasHapus